Teks Ulasan 3 idiots Lengkap

 
   
      Konten [Tampil]    
       


1.      Objek ulasan (orientasi)
a.       Judul                :  3 idiots
b.      Penulis naskah : Abhijat Joshi
  Rajkumar Hirani
c.       Sutradara         : Rajkumar Hirani
d.      Produser          : Vidhu Vinod Chopra
e.       Waktu rilis       : 25 Desember 2009
f.        Alur                 : Campuran
g.      Tokoh penokohan
1.      Aamir khan           :           Rancho
2.      Kareena kapoor     :           Pia
3.      R. Madhavan         :           Farhan
4.      Sharman joshi        :           Raju
5.      Omi                       :           Chatur
6.      Boman irani           :           Viru Sahastrabuddhe
7.      Mona singh            :           Mona
8.      Jaaved jaaveri        :           Ranchhoddas Chanchad
9.      Pareekshit jaaferi   :           Farhan’s Father
10.  Sanjay lafont         :           Suhas
11.  Rahul kumar          :           Milimeter
12.  Amardeep jha        :           Raju’s Mother
13.  Farida dadi            :           Farhan’s Mother
14.  Mukund bhatt        :           Raju’s Father
15.  Chaitali bose         :           Raju’s Sister
16.  Jayant kriplani       :           Campus Interview Panel Head
17.  Aron baali              :           Shamalda Chanchad
18.  Shoaib ahmed       :           Chhote
19.  Dushyant wagh     :           Centimeter




2.      Sinopsis ( tafsiran isi )
Kekuatan alur membuat seru para penonton, terutama ketika farhan mengingat masa-masa berkuliah di ICE dengan dua sahabatnya, terdapat banyak pergantian alur, sehingga para penonton tertarik untuk melihatnya. Kepiawaian pemain juga membuat cerita tersebut menjadi lebih nyata, seperti dunia nyata bukan hanya sekedar film, terutama ketika adegan-adegan yang di peragakan oleh aamir khan sebagai ranchoddass, ketika ia membuat dosen-dosen tersebut menjadi terbelenggu. Bukan hanya itu, kelancaran dialog seperti halnya berbicara selayaknya dunia nyata membuat para penonton menganggap bahwa film tersebut bukan film tetapi sebuah kisah yang benar-benar terjadi, apalagi ketika dialog antara rancho dan pia yang menjalankan dialognya begitu lancar, sehingga membuat para penonton terpesona. Keselarasan musik pengiring juga membuat film ini menjadi lebih hidup serta membuat penonton menikmati film dengan sepenuh hati, musiknya juga terdengar sangat indah dengan iringan lagu-lagu india sehingga penonton tidak bosan melihatnya.
Dalam film 3 idiots ini, nilai yang disampaikan banyak mengandung nilai pendidikan, persahabatan, dan keberanian, contohnya ketika rancho dan teman-teman nya berkuliah di ICE menemukan penemuan-penemuan baru semakin membuat penonton termotivasi, serta nilai persahabatan yang terdapat ketika raju bimbang ingin memilih teman atau dirinya untuk tidak dikeluarkan dari ICE. Tetapi dalam film ini kita tidak harus mengikuti semua yang rancho lakukan, dikarenakan watak rancho melawan yang lebih tua darinya, hal itu tidak baik untuk diikuti, walaupun kita berada di posisi yang benar.
Film 3 idiots ini menceritakan kisah yang inspiratif, cerita tersebut sangatlah menarik karena perhabatan yang sejati, yaitu rancho, farhan, dan raju. Film tersebut memiliki sudut pandangnya adalah seorang Farhan. Farhan menceritakan kisahnya dengan sahabatnya yaitu rancho dan raju terutama rancho. Mereka bertiga adalah teman sekamar diasrama yang berkuliah di ICE (Imperial College of Engineering). Kisah mereka dimulai ketika mereka salah seorang rela membuat pesawat gagal terbang serta tidak memakai celana hanya karena ingin bertemu salah seorang temannya yaitu rancho. Mereka menjumpai chatur diatas menara ICE, chatur mengetahui keberadaan rancho, mereka pun pergi ke simla, tempat tinggal rancho. Rancho adalah salah satu dari mereka yang sangat memiliki nama yang sangat unik begitu juga dengan pikirannya. Ketika malam pertama masuk di ICE dia sudah membuat kehebohan di asrama, sudah menjadi tradisi di ICE setiap mahasiswa baru ketika malam pertama hanya boleh memakai celana dalam saja. Ketika itu muncul lah rancho dan ketika itu senior yang ada di asrama memaksa rancho agar segera melepas celananya. Tetapi rancho menolak dan dia segera masuk kekamarnya, lalu senior pun mengerjainya dengan menghitung sampai hitungan sepuluh, apabila tidak keluar dari kamar maka pintu kamarnya akan dikencingi selama satu semester. Akibat dari ancaman tersebut, Rancho pun mempunyai ide yg cemerlang, iya mengetahui bahwa air garam adalah penghantar listrik yang baik, ia membuat sebuah penemuannya menggunakan sendok dan sebilah kayu. Dan ketika seniornya mengencingi pintu kamarnya tanpa di sangka senior tersebut sangat kesakitan akibat mengencingi pintu rumah yang sudah di letakkan rancho sebuah perangkap. Semua mahasiswa tersebut tertawa akibat melihat hal tersebut.
Ketika hari pertama di ICE, pagi itu milimeter memanggil semua mahasiswa baru untuk berkumpul di bawah menyambut direktur ICE. Milimeter adalah seseorang yang menyediakan semua kebutuhan mahasiswa lain. Direktur ICE yaitu Viru Sahastrabuddhe yang terkenal sangat kompetitif, bila seseorang mendahulukannya ia tidak akan rela. Dia juga membuat pakaiannya serba simple, bukan itu saja virus juga melatih pikirannya dengan menulis memakai kedua tangan dalam waktu bersamaan. Sesampainya didepan kampus ia bercerita tentang persaingan didunia yg kejam ini. Dan ia juga punya cerita unik ketika ia diberi pulpen oleh seorang astronot, tetapi pagi itu rancho bertanya pada Virus dengan pertanyaan yang meyakinkan, sehingga direktur tersebut malu dibuatnya.
Ketika pelajaran mengenai mesin, seorang dosen menanyakan pengertian mesin kepada seluruh mahasiswa. Namun ketika dosen tersebut melihat kearah rancho, rancho hanya terlihat senyum-senyum. Dan dosen tersebut menanyakan pengertian mesin kepadanya. Rancho pun menjawab dengan bahasa sederhana, tetapi jawaban tersebut tidak diterima oleh dosen tersebut. Dan pertanyaan tersebut dijawab oleh salah satu mahasiswa yaitu Cathur Ramalinggam yang di panggil seorang seliencere (diam-diam). Chatur menjawab pertanyaan tersebut dengan sangat rinci. Tetapi rancho mengatakan bahwa ia sudah mengatakan dengan bahasa yang sederhana. Akibatnya Rancho pun diperintahkan untuk keluar dari ruangan tersebut. Sebelum ia keluar ia pun mengerjai dosen tersebut dengan bahasa yang rinci. Semua mahasiswa tertawa akibat kejadian tersebut.
Profesor sering kali mengeluarkan rancho dari kelas, Rancho tidak khawatir akan hal itu, ia belajar dimana saja yang ia mau. Ia sering mengatakan “Belajar bisa dimanapun, selagi bisa, Raihlah!”. Rancho adalah seorang mahasiswa yang unik dari semua mahasiswa lainnya, ia tidak perlu mengantri untuk mandi, dimana ada air di situ dia akan mandi, ia juga tergila-gila pada mesin.
Suatu ketika seseorang yang bernama Joy Lobo hendak membuat sebuah mesin seperti helikopter yg terbang membawa kamera, menurut virus mesin buatan Mr. Lobo tidak jelas, sehingga ia menelpon orang tua Mr. Lobo. Tanpa disadari Rancho memperbaiki mesin yang dibuat oleh Joy Lobo. Tanpa disangka-sangka Joy Lobo bunuh diri akibat tekanan yang diberikan virus kepadanya. Peristiwa itu diketahui oleh Rancho dan teman-temannya ketika iya mempernaiki mesin milik joy lobo. Ketika joy lobo dikuburkan, dengan bahasa yg lembut rancho mengatakan bahwa tekanan yang diberikan virus adalah penyebabnya.
Setelah Rancho mengatakan virus adalah penyebabnya, Rancho di panggil keruangan virus untuk memberikan jawaban mengapa semua adalah penyebab tekanan yang diberikan oleh virus. Dengan marahnya virus, akhirnya Rancho pun di suruh untuk mengajar didepan kelas, awalnya Ranco hanya terdiam, setelah itu ia menuliskan 2 kata di papan tulis, semua mahasiswa dan virus diberi waktu 30 detik untuk mencari pengertiannya. Tetapi tidak satu pun yang bisa menjawab. Akhirnya rancho mengatakan bahwa kata tersebut adalah bagian dari nama sahabatnya. Rancho juga mengatakan bahwa ia bukan mengajari tentang rancang bangun tetapi ia mengajari bagaimana cara mengajar.
Akibat hal tersebut, virus mengirim surat kepada orang tua raju dan farhan agar tidak bergaul dengan rancho. Farhan dan raju pun pulang kerumah. Sampai dirumah farhan, rancho di marahi oleh ayahnya farhan, dan sampai dirumah raju rancho juga di marahi oleh ibunya raju.
Dengan perut yang lapar, mereka melihat sebuah pesta. Mereka datang ke pesta tersebut dengan memakai seragam seperti orang yang lainnya. Dan saat itu rancho pertama kalinya melihat pia. Pia adalah putri dari virus. 3 idiots tersebut ketahuan oleh virus, mereka memberikan alasan bahwa mereka adalah utusan dari ilmuan untuk membuat sebuah inverter. Tetapi virus tidak menerima alasan meraka.
Keesokan harinya rancho dipanggil oleh virus ke kantornya. Virus mengatakan agar mereka tidak bergaul dengan rancho. Raju pun mengikuti perintah virus dengan pindah kamar sekamar dengan chatur. Chatur adalah seorang yang giat belajar tetapi tidak memahami yg dipelajarinya, ia menelan pil petai agar bisa belajar, chatur ditugaskan oleh virus mewakili siswa pada hari guru. Pada kesempatan kali ini rancho memberikan pelajaran pada raju agar belajar tidak menghafal tetapi memahami. Rancho dan farhan mengerjai chatur, mereka mengganti teks pidato yang semulanya “Chamatkar = Keajaiban” menjadi “Balatkar = Cabul” sehingga membuat siswa tertawa dan virus malu.
Akibat hal tersebut chatur membuat perjanjian diatas menara ICE pada tanggal 5 september setelah 10 tahun kedepan siapa yang paling sukses.
Suatu saat ketika rancho dan milimeter membawa inverter yang telah dijanjikannya kepada virus, ia berjumpa pia dan suhas. Ia melihat jam tangan pia yang baru dan dia pun mengerjai suhas dengan jam tangan tersebut. Ia mengatakan pada suhas bahwa jam tangan tersebut hilang, padahal jam tangan tersebut tidak hilang. Dengan malunya suhas tersipu malu karena hidupnya yg selalu di penuhi harga dan merek. Saat itu suhas dijuluki oleh “keledai”. Setelah kejadian itu, pia langsungmeninggalkan suhas. Rancho ditelpon oleh ibu raju bahwa ayah raju sedang sekarat. Ranco pun datang bersama pia dengan menggunakan scooter milik pia, pia sangat kesal pada malam itu. Sesampainya di rumah raju, ayah raju keadaan sekarat tanpa pikir panjang raju membawa ayah raju menggunakan scooter kerumah sakit, setelah beberapa saat raju pun kerumah sakit dengan wajah marah. Sesampainya dirumah sakit, Raju memarahi rancho, ternyata tindakan rancho tepat, jika terlambat sedikit maka akan kehilangan nyawa ayah raju. Mereka pun tidur di rumah sakit. Waktu menunjukkan pukul 08.30, mereka ada ujian ketika itu akhirnya mereka pergi kekampus menggunakan scooter pia, sesampainya dikampus pada pukul 09.30 mereka telat dan langsung ikut ujian, tetapi ketika selesai, lembar jawaban mereka tidak diterima oleh dosen tersebut akibat mengerjakan lebih dari waktu yang di tentukan. Dosen tersebut tidak mengenal rancho dan teman-temannya. Rancho pun mengacak-ngacak lembar jawaban yang disusun agar lembar jawaban mereka tidak ditemukan. Pada saat pengumuman hasil ujian, farhan dan raju berada di posisi terbawah, mereka sedih, tetapi mereka lebih sedih ketika rancho peringkat pertama. Virus mengatakan jika salah satu dari raju dan farhan mendapatkan pekerjaan hasil wawancara kampus, virus memerintahkan kepada govind untuk mencukur kumisnya.
Alur cerita pun kembali ketika farhan berada dimobil, ketika hayalan farhan dihancurkan oleh aroma kentut chatur. Sesampainya di simla, mereka pun pergi kerumah rancho, dan disana ternyata keadaan sedang duka, ayah rancho meninggal, saat menemui rancho ternyata bukan rancho. Keesokan harinya mereka kembali ke rumah rancho, mereka menanyakan kepada rancho yang asli tetapi tidak menjawab, setelah farhan dan raju mengancam memasukkan abu jenazah milik papa nya kedalam closed akhirnya rancho yang pemilik rumah mengetahui bahwa teman mereka biasa dipanggil orang adalah “Chote”. Ia menggantikan posisi rancho yang asli sejak kecil sampai kuliah, rancho ditugaskan oleh papa ranchhoddas mengantikan ranchoddas berkuliah di ICE. Rancho berkuliah hanya mengambil ilmu tetapi papa ranchhoddas menginginkan ijazah nya.
Cerita pun kembali ke masa lalu ketika 3 orang idiots tersebut mabuk, mereka membuat janji apabila rancho beran mengungkapkan perasaannya kepada pia, farhan akan memberikan hasil foto hewan liarnya kepada ivan estevan dan mengatakan kepada ayahnya bahwa ia ingin menjadi fotografer alam, dan raju akan melepas rasa ketakutannya. Akhirnya rancho mengungkapkan nya kepada pia dengan keadaan mabuk. Sementara itu farhan dan raju mengencingi pintu rumah virus dengan mengatak “all is well” virus pun terbangun, mereka kemudian lari kearah kelas, tetapi virus mengetahui salah seorang yang mengencingi rumah mereka yaitu raju rastogi.
Setelah kejadian itu, virus memanggil raju untuk memberikan surat agar raju dikeluarkan, tetapi raju memohon, akhirnya raju ditugasnya untuk menggantikan namanya menjadi nama rancho. Raju pun dilema. Akhirnya iya pun bunuh diri dengan melompat dari atas ruangan virus. Raju pun dibawa kerumah sakit akibat pendarahan serius dikepala. Raju pun tidak berdaya dirumah sakit. Rancho, farhan, serta ibunya raju memberikansemngat kepada raju agar raju sembuh. Anehnya raju sembuh akibat rancho yang mengatakan bahwa kakaknya raju akan menikah dengan farhan, hal tersebut membuat raju sadar dan mengatakan pada rancho “ hentikan kebohonganmu rancho”
Singkat cerita, mereka hampir selesai kuliah di ICE, dan saatnya mereka melakukan wawancara, dan saat itu raju melepaskan cincin rasa ketakutan yang sudah dijanjikannya kepada rancho, farhan pun akhirnya mengatakan pada ayahnya bahwa diaingin menjadi fotografer alam liar. Setelah selesai wawancara ternyata raju diterima oleh hasil wawancaranya, akhirnya virus menepati janjinya mencukur kumisnya, Tetapi virus tidak ingin menerima kekahalan tersebut, ia pun akan menggagalkan ujian terakhir milik raju.
Cerita kembali maju, saat pia dan suhas hendak melangsungkan pernikahan, tetapi pernikahan tersebut digagalkan oleh farhan dan raju. Mereka membawa pia yang memakai baju pengantin ke tempat rancho disebuah alamat sekolah di ladakh.
Cerita kembali pada saat virus hendak menggagal ujian terakhir raju. Rancho dan farhan berusaha mencari copyan dari soal yg dibuat oleh virus untuk raju. Setelah dapat copy dari soal tersebut, rancho ketahuan akhirnya ranco disuruh meninggalkan ICE, keesokannya mereka bertiga pergi meninggalkan ICE, ketika itu juga mereka pia sang dokter pergi kerumah sakit karenan kekesalannya dengan ayahnya. Setelah pia pergi, Mona, kakanya pia hendak melahirkan. Suasana di delhi saat itu macat dan seluruh kota tergenang dengan air, tanpa berfikir panjang akhirnya rancho dan 2 temannya membawa mona ke ruangan tenis kampus. Mona pun diletakkankkan diatas tenis meja, mona terus menekan tetapi dia tidak sanggup, salah satu jalan adalah dengan menarik kepala bai menggunakan alat yang disebut vakuum cup, tetapi di kampus tidak ada vakuum cup, pia pun menjelaskan kepada rancho apa itu vacum cups. Tanpa berfikir panjang ranco membuat vacum cup menggunakan vacum cleaner milik virus. Tetapi suasana saat itu tiba-tiba listrik padam, rancho pun menyuruh milimiter untuk mengambil inverter yang dibuatnya serta menyuruh raju dan farhan untuk memanggil semua siswa diasrama untuk mengambil aki yang berada dimobil. Setelah inverter dan aki terkumpul, ranco merangkai semuanya agar lisrik bisa dinyalakan, akhirnya setelah kerja keras akhirnya listrik tersebut bisa di hidupkan, suasana kembali ke arah mona, rancho dan teman-teman melanjutkan membuat vacuum cup, kemudian ranco menggunakan vacum cleaner tersebut, usaha dari rancho dan teman-teman, hasilnya anak mona bisa keluar dari rahimnya. Setelah kejadian tersebut, rancho kembali meninggalkan kampus, tetapi saat itu virus menghentikan langkahnya dan virus juga mengatakan bahwa ia akan mengatakan pertanyaan pertama kali yang rancho tanyakan, dan virus pun menjawabnya. Kemuadian virus juga memberikan pena yang melambangkan keunggulan kepada rancho, rancho pun tidak jadi keluar dari ICE.
Cerita kembali ke alur maju, ketika farhan, raju, pia, dan chatur smapai ke sebuah alamat sekolah yang diberikan oleh ranchhoddass yang asli. Disana mereka menemukan yang dulunya milimeter dan sekarang menjadi centimeter. mereka pun dibawa oleh centimeter menemui rancho, disana rancho sedang mengajar anak-anak. Tiba-tiba pia datang memenggunakan scooter memakai daun pengantin dan helm, pia turun dari scooternya dan mencium rancho dan mengatakan kepada rancho bahwa hidung tidak mengganggu, setelah itu datang dua sahabatnya dengan memukuli rancho rengan rasa rindu, kemudian chatur membawa surat kekalahan yang dibuatnya untuk rancho, tanpa disadari ternyata rancho adalah seorang ilmuan yang memiliki 400 hak paten dan dicari oleh dunia, dan nama sebenarnya adalah phunsukh wangdu, semua pun terkejut, bahkan chatur mengakui kekalahannya.

3.      Evalusi
Kekuatan dari film 3 idiots ini yang paling menonjol adalah kepiawaian pemain sehingga jiwa inspiratif tinggi sehingga membuat penonton lebih terinspiratif untuk memiliki pendidikan tinggi dan menambah pengetahuan yang baru, tetapi tetap saja ada kekuarangan nya yaitu adegan-adegan dewasa tidak bagus untuk dilihat oleh pelar-pelar,
Film 3 idiots ini film yang sangat bagus untuk dunia pendidikan dan persahabatan, selain itu penulis naskah juga benar-benar memperhatikan isi demi isi sehingga cerita terlihat nyambung, alasan ini yang membuat mengapa kita mengulas dan menonton film ini.

4.      Kesimpulan (rangkuman)
Setelah saya menonton film 3 Idiots kita dapat pelajaran arti dari sebuah persahabatan. Bahwa persahabatan amat sangatlah penting, dan persahabatan tidak memandang status. Karena persahabatan tersebut hanya terlihat dari perjuangan seseoarang untuk sahabatnya, seperti pada film tersebut. Dan di film ini juga dapat memberikan pelajaran bahwa tidak semua yang ingin masuk keperguruan tinggi adalah orang yang kaya akan materi, tetapi orang yang memiliki kepintarannya pun bisa masuk keperguruan tinggi. Dengan keinginannya yang sungguh-sungguh kita dapat mencapai cita-cita yang setinggi langit.


0 Response to "Teks Ulasan 3 idiots Lengkap"

Post a Comment

Komentar anda membuat kami menjadi lebih baik :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel